Minggu, 19 Juni 2011

Khasiat dan Kegunaan Ikan Tongkol

Berbicara mengenai ikan, kita semua tahu bahwa ikan, terutama ikan laut mengandung gizi yang sangat tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk membantu kesehatan dan kecerdasan anak karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Ikan tongkol (bahasa latinnya Thunnus maccoyii) sangatlah cocok bagi lidah orang Indonesia. Daging ikan tongkol padat dan mudah diolah menjadi berbagai menu makanan, selain itu, ikan tongkol terkenal dengan kegurihannya sehingga tepat untuk dijadikan menu makanan sehari-hari.

ikan tongkol segar
Ikan Tongkol Segar


Karena rasanya yang enak dan juga kandungan gizinya yang tinggi, disarankan untuk mengkonsumsi ikan tongkol sebagai menu sehari-hari kita. Bagi anda yang memiliki alergi terhadap makanan laut, tidak usah khawatir karena bisa ditangkal dengan minum air rebusan tanaman kumis kucing. Ramuan tersebut dapat menghambat gejala alergi terhadap ikan tongkol maupun makanan laut lainnya.

Bila kita berkunjung di pasar ikan, kita bisa menjumpai ikan tongkol yang dijual dalam keadaan matang atau diasap. Namun untuk mempertahankan kandungan gizinya, lebih baik kita membeli tongkol segar untuk dimasak sendiri di rumah. Kandungan utama gizi tongkol terletak pada cairan tertentu yang keluar saat pengolahan, baik direbus, dikukus atau digoreng. Tidak disarankan untuk membeli dan mengkonsumsi ikan tongkol asap, karena kandungan gizinya sudah banyak berkurang.


Ikan Tongkol Garang Asam
Ikan Tongkol Garang Asam


Disamping kelezatan dan kandungan gizinya yang tinggi, ikan tongkol juga memiliki khasiat yang spesifik, yaitu merangsang pertumbuhan sel-sel darah merah dan menghambat proses penuaan. Oleh karena itu, jika anda ingin awet muda konsumsilah daging ikan tongkol. Jika dikonsumsi secara teratur, minimal tiga kali dalam seminggu sebagai menu utama, penyakit seperti rheumatic dan anemia akan sulit mengganggu kesehatan anda.

Beberapa khasiat tongkol lainnya yang patut anda ketahui adalah untuk mengobati penyakit antara lain:

  • Rheumatic dan Linu Tulang: Untuk terapi Rheumatic yang serius, sebaiknya anda mengkonsumsi ikan tongkol tiap hari dengan porsi yang cukup. Sedangkan untuk terapi ringan, cukup konsumsi 2-3 kali dalam seminggu. Selama terapi ini, hindari mandi terlalu malam, hawa dingin, atau olah raga yang berlebihan.

  • Anemia atau Lesu Darah: Tanda-tanda umum anemia adalah cepat lelah, pegal dipersendian, wajah pucat, kuku dan kelopak mata pucat, dan terdapat garis hitam dibawah mata. Pada kondisi tubuh yang demikian, virus mudah menyerang karena kekebalan tubuh menurun. Yang harus dilakukan oleh tubuh adalah segera membentuk sel-sel darah merah agar sistem kekebalan kembali menguat. Kandungan alami dalam ikan tongkol sangat baik untuk merangsang pembentukan kembali sel-sel darah merah. Untuk memperoleh hasil yang maksimal pengolahan ikan tongkol harus direbus, dan dikonsumsi beserta kuahnya sekaligus. Sebab jika melalui proses penggorengan, beberapa jenis protein akan rusak. Sebagai terapi anemia, biasakan 3-4 kali dalam seminggu untuk mengkonsumsinya.


Gulai Masin Ikan Tongkol
Gulai Masin Ikan Tongkol


  • Mencegah Ejakulasi Dini: Jika kehidupan pasutri anda sedang menurun, mungkin saja disebabkan ejakulasi dini. Di sini ikan laut akan semacam tongkaol dapat membantu anda dalam menghindari ejakulasi dini dan bisa tahan lama dalam berhubungan pasutri. Caranya : bagi anda seorang pria, ambil insang pada ikan tongkol segar, rebus dengan daun 2 – 3 lembar jeruk purut dan sedikit garam hingga mendidih. Minum ramuan ini 1 – 2 jam sebelum berhubungan pasutri. Sedangkan bagi wanita cukup mengkonsumsi daging ikan tongkol secara teratur untuk meningkatkan vitalitas, termasuk di dalam urusan pasutri anda.

  • Kulit Kusam: Bila kulit dibagian tertentu seperti betis, lutut, lengan, dan siku anda sering terasa kasar dan kusam, resep berikut bisa anda coba. Ambil kulit ikan tongkol dengan cara disayat-sayat, khusunya di sekitar sirip punggung sampai ekor. Rebus dengan batang serai yang dimemarkan dan tambahkan garam secukupnya. Makan sekaligus kuahnya secara rutin 2 – 3 kali seminggu. Sisik pada permukaan kulit tersebut perlahan-lahan akan mengelupas dan kulit menjadi halus kembali.

via kaskus